-->

Friday, February 25, 2011

Bekerja dan Balasan dari sang Pencipta

Bekerja di perusahaan swasta (ato mungkin di perusahaan apapun) tentu dituntut kerja profesional. Menghubungi client, mendiskusikan permasalahan, mencari solusi kemudian merancang arsitektur program, database, kemudian mulailah membuat design dan coding sesuai arsitektur dan requirement yang disepakati. Sambil jalan, tester dan dokumenter bertindak.
Idealnya, Satu projek terdiri dari Projek Manager sebagai pinpinan projek yang bertanggung jawab atas kelangsungan projek, kelancaran kebutuhan dana, komunikasi dengan client dan make sure para pekerja mengerjakan tugasnya masing masing, Analis sebagai penangung jawab design dan arsitektur program dan arsitektur database, Database admin sebagai administrator database, Designer sebagai pembuat eye cathcing bagi aplikasi, Programmer yang membuat logic code, Tester yang mengkoreksi bug bug hasil coding (penting perannya) dan dokumenter sebagai pengcapture aplikasi.

Kesemua tanggung jawab idealnya dikerjakan oleh orang orang yang berbeda....(idealnya) kenyataannya sering sekali One Man Show. De jure tertulis sebagai programmer tapi De Facto programmer merangkap jabatan sebagai PM, analis, databse admin, designer, tester dan juga dokumenter, juga trainer, bahkan menjadi teknisi sedikit ..:((yang melakukan pemesanan server, pemasangan server, instalasi server)

Benci setengah mati. Untuk satu projek yang tiap bulannya bernilai 150 juta.... programmer multitasking hanya digaji < 3 juta sebulan. Urusan lembur dan ongkos harus mengajukan sendiri, mencari PM, mencari Manager dan serahkan ke keuangan.. tidak mengajukan tidak dapat lembur ataupun ongkos bolak balik ke tempat client. Mandiri segala galanya. Penambahan requirement baru, complain ini itu, Client hanya mengontak programmer bukannya mengontak PM.. PM nya ke laut. Sok sibuk dengan pekerjaan yang lain.. dan hebatnya jago ngeles untuk sok sibuk. (ini hebatnya PM gw).
Sedih sih, pengen resign juga, dan benci banget ama PM..btw.grr grr itulah salah satu kejamnya kantor.

Mengapa bisa terjadi one man show ? Mana orang orang yang seharusnya melaksanakan pekerjaan di bidangnya ? Sepertinya rasa tanggung jawab di kantor ini mulai luntur. Orang orang gemar menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain. Sang PM ogah ogahan
menjadi PM dengan alasan "ga da duit yang masuk". Sang analisis ogah ogahan gara gara sang PM nya ogah ogahan. Sang designer adalah orang outsorsing yang ngantor di luar kota jadi ga bisa dicontact suka suka. Sang Database admin ? sibuk. Ditarik ke sana dan ke sini.. ga da waktu buat jadi databse admin di projek ini. Teknisi ? teknisi baru.. jadi masih ragu ragu dalam bertindak. Tester ,dokumenter, dan trainer ? sejak awal projek berjalan ga ada orang orang ini. Tinggallan 3 orang hm.. 2 orang programmer yang kudu menanggung beban orang orang di atas. Ke mana programmer ke 3 ? direkomendasikan oleh teman setimnya untuk dipecat... gara gara seenaknya nonton tivi pas jam kantor ketika 2 rekannya sedang sibuk setengah mati menyelesaikan projek ini.

Kerja keras dan tanggung jawab yang tidak sepadan dengan penghasilan... tapi tetap saja dikerjakan. Alasannya ? sederhana sih.. ketulusan dan tanggung jawab. Tulus untuk bekerja keras. Tulus untuk menghasilkan yang terbaik yang bisa dicapai. Tanggung jawab terhadap umur..(yang pasti suatu saat nanti bakalan meninggalkan duni ini), tanggung jawab terhadap diri sendiri , tanggung jawab terhadap client yang sudah membayar dan tentunya tanggung jawab terhadap rekan setim Thanks friend, udah nolongin gw banged (hope alloh bakalan ngebales kerja keras dan tanggung jawab lo suatu saat nanti, karena gw di sini cuman kuli ga bisa ngasi penghargaan lebih :D he he)

Perusahaan emang cuman bisa ngasi gaji alakadarnya.. tapi alloh, sang pencipta bisa memberi segala. Rumah besaar, pacar oke, kendaraan pribadi, pulau, atau apapun bentuk materi di dunia ini dah. Minta yang banyak ke alloh, insya alloh kalo tulus dan ikhlas pasti alloh akan mengabulkan. he he
Believe that ^^
Selalu ^^
Harus itu.. karena ga ada pekerjaan yang sia sia ^^
Semua yang kita lakukan akan dibalas alloh suatu saat nanti ^^
amin.. kabulkanlah ^^

No comments: